EXPLORE AGRO

EXPLORE AGRO

Explore Agrotechnology adalah kegiatan yang diadakan oleh divisi P&K Hipmagro FP UGJ. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu pembuatan MOL, POC dan PESNAB dengan memanfaatkan bahan yang ada di lingkungan sekitar dan yang dianggap sebagai limbah untuk dijadikan suatu produk yang bermanfaat di bidang pertanian. Pada pembuatan MOL bahan dasar yang digunakan yaitu cangkang telur dan buah pisang, sedangkan dalam pembuatan POC bahan dasar yang digunakan yaitu air cucian ikan mujair dan untuk pembuatan PESNAB digunakan daun jarak sebagai bahan dasar utamanya. Acara explore agrotechnology ini dilaksanakan pada hari Rabu, 28 Juli 2021 di Gedung Tambahan UGJ Cirebon.

Acara dilaksanakan secara online dikarenakan adanya pemberlakuan PPKM sehingga dilakukanlah pembuatan video dokumentasi yang diunggah di media sosial Hipmagro FP UGJ. Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu diantaranya untuk meningkatkan kreativitas dan sikap ilmiah mahasiswa pertanian, menciptakan karakter mahasiswa yang lebih kompetitif di bidang pertanian, serta memberikan wawasan dan pengalaman kepada mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan di bidang pertanian. Acara ini selain bermanfaat bagi mahasiswa tetapi bermanfaat juga bagi masyarakat umum, karena dengan adanya video dokumentasi kegiatan maka kami bisa berbagi ilmu melalui video pembuatan MOL, POC dan PESNAB yang telah kami buat. Karena acara ini diadakan secara online maka pada pelaksanaannya tidak melibatkan peserta yang tadinya dikhususkan untuk mahasiswa pertanian UGJ. Yang terlibat dalam acara hanya para panitia penyelenggara saja.

 

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon, mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) di Universitas Sriwijaya di Palembang pada 24 - 26 Oktober 2019 sebagai juara harapan I.